Sabtu, 14 Mei 2011

Apa itu Leukemia

Apa itu leukemia?

by Web Administrator on May 12, 2011

leukimia - kanker darah Leukemia (atau biasa juga disebut sebagai kanker darah)adalah kanker yang dimulai dalam jaringan yang membentuk darah. Untuk memahami kanker, diperlukan pemahaman tentang bagaimana membentuk sel-sel darah yang normal. Kebanyakan sel-sel darah berkembang dari sel-sel di sumsum tulang yang disebut sel-sel induk. Sumsum tulang adalah bahan yang lembut di tengah sebagian besar tulang. Sel induk dewasa menjadi berbagai jenis sel darah. Setiap jenis pekerjaan khusus yaitu sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Ada juga sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke jaringan seluruh tubuh. Trombosit merupakan salah satu jenis sel darah yang membantu gumpalan darah terbentuk yang mengendalikan perdarahan.

Sel darah putih, sel darah merah, dan platelet yang dibuat dari sel-sel batang yang dibutuhkan tubuh. Ketika sel-sel tumbuh tua atau rusak, mereka akan mati secara alami. Pada orang dengan leukemia, sumsum tulang membuat sel darah putih yang abnormal. Sel-sel yang abnormal inilah yang berkembang menjadi kanker darah atau disebut sel-sel leukimia.
Pengelompokan leukima / kanker darah

Jenis leukemia dapat dikelompokkan berdasarkan seberapa cepat penyakit ini berkembang dan semakin memburuk, yaitu leukemia baik kronis dan akut.

Leukemia kronis: awal penyakit sel-sel leukemia masih bisa melakukan beberapa pekerjaan yang normal sebagai sel darah putih. Orang yang menderita leukemia kronis mungkin tidak memiliki gejala apapun pada awalnya. Dokter sering menemukan leukemia kronis selama pemeriksaan rutin sebelum ada gejala. Perlahan-lahan, leukemia kronik memburuk karena jumlah sel-sel leukemia dalam darah meningkat. Gejala khas yang timbul, seperti pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Ketika gejala muncul, mereka biasanya ringan pada awalnya dan memburuk secara bertahap.

Leukemia akut: Sel-sel leukemia akut tidak dapat melakukan kerja normal sel darah putih. Jumlah sel leukemia meningkat pesat. leukemia akut biasanya memburuk dengan cepat.

Jenis leukemia juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis sel darah putih yang terpengaruh. Leukemia dapat mulai dalam sel-sel lymphoid atau sel myeloid. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel limfoid disebut limfositik, limfoid, atau lymphoblastic leukemia. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel myeloid disebut myeloid, myelogenous, atau myeloblastic leukemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar